Liburan ke Kota Impian, ke Kota Bunga Nan Eksotis, Kota Tomohon

4 shares
by Siti Maesaroh / 15 May 2016


Saat dulu pertama kali aku melihatmu di etalase toko, kau sudah membuatku terpesona. Kuhampiri dirimu, kudekatkan katupmu ke hidungku, lalu terciumlah suatu wangi yang menurutku amat menyenangkan. Aromamu membuatku terpikat, terasa sangat klop dengan jiwaku yang amat menyukai alam-kebebasan.
Kau kini adalah salah satu kesukaanku. Kau membuatku semakin cinta dengan alam; tanaman dan bunga-bunga. Ya, itu kau, my emerald green perfume, Vitalis Glam Star.
Ketika sedang memakaimu, aku membayangkan, sepertinya akan mengasyikan sekali jika aku mengunjungi sebuah wilayah yang dipenuhi bunga di setiap bagian kotanya. Sejauh mata memandang akan selalu tampak bunga di kota itu. Ah! Aku jadi teringat Kota Bunga, Kota Tomohon.
It's just too much happiness city to me! :)) (via pegipegi.com)
Tomohon adalah kota impianku sejak kecil. Jika Bandung, ibu kota Jawa Barat biasa diistilahkan Kota Kembang, maka kota yang terletak di Sulawesi Utara (Sulut) ini dikenal dengan nama Kota Bunga. Bunga disini mimiliki makna yang sebenarnya karena setiap sudut kota ini memang dipenuhi dengan bunga yang beraneka jenis dan warna. Kota yang memiliki bentang wilayah bergunung dan berbukit ini juga setiap tahun mengadakan Festival Bunga Internasional (Tomohon International Flower Festival/TIFF) yang di tahun 2016 ini akan diadakan di bulan Agustus nanti. Wow! 
Aku adalah seorang pecinta alam yang senang berkebun alias gardening. Kota ini menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib aku kunjungi dalam hidup. Meski hingga ini aku belum pernah pergi kesana karena ongkos yang diperlukan begitu mahal, namun aku berharap semoga suatu hari nanti bisa kesana.. aamiin.
Oya, selain bunga, kota ini juga memiliki wisata lain yang tak kalah menariknya. Diantaranya:
Danau Linow's incredibly so amazing :O (via kidsklik.com)
1. Danau Linow
Danau Linow adalah sebuah danau yang dapat berubah tiga warna, yaitu tosca, biru dan cokelat susu. Dengan rimbunan pepohonan cemara yang mengelilinginya, kicauan burung yang merdu, serta semilir angin yang berhembus menjadikan danau vulkanik ini amat indah dan menenteramkan untuk dikunjungi, terutama bagi kita yang sedang jenuh dengan rutinitas perkotaan. Danau ini dapat berubah menjadi tiga warna karena kandungan belerangnya yang amat tinggi.
Melihat Danau Linow di internet selalu membuatku ingat akan dirimu, hai Vitalis Glam Star. Wangimu yang ‘tidak berat’ dan menenangkan membuatku sangat suka dan setia denganmu.

Gunung Klabat dan Gunung Dua Saudara dilihat dari puncak Temboan. (via tumblr.com)
2. Puncak Temboan
Jika berada di puncak Temboan kita bukan hanya disuguhi pemandangan hijau yang menyejukan mata saja, karena dari atas puncak itu kita juga bisa melihat Gunung Klabat yang merupakan gunung tertinggi di Sulut, Gunung Dua Saudara, Danau Tondano yang merupakan danau terluas di Sulut serta laut Kota Bitung dalam satu tempat saja. Bisa melihat gunung, danau dan laut dalam satu pijakan? Alam Indonesia memang luar biasa!
3. Pasar Ekstrem
Sebenarnya saya mungkin tidak sanggup untuk melihat pasar ini secara langsung. Melihatnya di internet saja membuat saya agak bergidik ngeri sekaligus kasihan. Namun rasa penasaran yang begitu tinggi mungkin akan mengalahkan segala keraguan saya, jika suatu hari nanti diberi kesempatan untuk kesana.
Pasar ini dinamakan pasar ekstrem karena barang-barang yang dijual memang sangat tidak biasa. Daging anjing, kucing, tikus, kelelawar, kadal, biawak, ular dan binatang lain yang sangat tidak lazim untuk dimakan, dijual bebas di pasar ini. Namun justru ke-extraordinary-an barang jualannya inilah yang membuat pasar tradisional Minahasa ini sangat unik dan berbeda. Jadi tambah penasaran nih.

Itulah secuil tempat-tempat yang menakjubkan yang ada di Tomohon, Sulawesi Utara. Ah, rasanya akan bahagia sekali jika setelah selesai sidang skripsi nanti aku bisa kesana.#ngimpi..
Tapi sebenarnya mau liburan kemana pun setelah mengerjakan tugas akhir itu rasanya pasti akan menyenangkan sekali, apalagi bersama sahabat terbaik kita.
Pure holiday, without any task, without any burden and wihout any gadget (exclude camera. Hehee..), with my closest friend and my beloved Vitalis Glam Star scent: PERFECT!

Beautiful Linow lake (via widyaningtyas.wordpress.com)
Hmm… rasanya semriwing angin dari Danau Linow sudah terasa dalam alam khayal. :))