Liburan Impian dengan Aroma Kesegaran Indonesia

1 share
by Novira Putri / 15 May 2016

Liburan impian. Pasti semua orang memimpikan sebuah liburan. Hal yang paling menyenangkan untuk melakukan hal yang membebaskan diri dari penatnya rutinitas. Begitupula kami, aku dan temanku Yuni. Kami merupakan mahasiswa dengan segudang tugas untuk merancang Indonesia. Biasanya disebut jurusan Arsitektur. Begitu banyak keindahan di Indonesia ini, tapi kami belum punya kesempatan dan dana yang cukup untuk itu. Jika ditanya apa liburan impian kami? Dengan sangat semangat dan antusias kami menjawab.

"Keliling Indonesia selama seminggu dengan Bebas, Biaya."


Berkeliling Indonesia, meloncati pulau-pulau NKRI rasanya seperti dilahirkan kembali sebagai Warga Negara Indonesia yang sah. Menyaksikan perwakilan Budaya dari pulau tersebut, seperti disadari perbedaan itu memang indah. Tujuh hari dalam seminggu hanya sebagai simbolisasi terhadap kami yang setiap hari dihidupi oleh Tanah Air Indonesia ini. Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, NTT, Bali, dan Jawa. Sangat menarik rasanya menikmati keindahan disetiap pulau-pulau ini hanya dengan waktu 24 jam di setiap pulaunya.

Dimulai dengan beranjak dari tempat perjuangan kami Asrama Universitas Tanah Air, memulai perjalanan Liburan Impian.

Di Hari pertama, sebagai pemanasan dan relaksasi kami ingin berendam di pemandian air panas Ciater Subang. Menyegarkan badan dan meregangkan otot-otot untuk mengoptimalkan kesegaran tubuh kami saat diperjalanan selanjutnya. Lalu melalui perjalanan udara menuju tempat yang sangat lestari budayanya di Jawa tengah, apalagi kalau bukan Candi Borobudur. Meskipun tempat ini telah kami kunjungi, entah kenapa masih saja kami merindukan tempat ini. Sebuah seni yang sangat memukau.

Candi Borobudur dan Pemandian Air Panas Ciater, Subang


Hari kedua, menyebrangi lautan Hindia menuju Bali dari udara. Masih seputar kebudayaan, Pulau yang paling dikenal penduduk Internasional. Dengan kemajuan teknologi dan modernisasi  yang sudah pesat tapi kebudayaan Bali masih saja kental dengan Adat-istiadatnya. Kebanggaan tersendiri jika kami bisa melihat langsung keseharian tradisional masyarakat Bali dan juga ikut andil didalamnya. Itupun jika diperbolehkan. Kemudian diakhiri dengan makan malam di Ubud sambil menikmati dinginnya udara di malam hari.



Hari ketiga, pulau yang beberapa tahun terakhir sebagai tujuan wisata yang semakin dituju. NTB, terkenal dengan Rinjani yang tertinggi se-Asia Tenggara dan Gili trawangannya. Entah bisa atau tidak, tapi kami ingin berada di Puncak Rinjani menggunakan Helikopter. Melihat matahari terbit dan berfoto dengan latar belakang awan-awan yang indah. Mungkin ini liburan terlalu mimpi. Maklum saja, namanya juga sehari. Setelah itu lari kepantai menikmati matahari terbenam sebagai latar belakang dengan ayunan diatas air Gilitrawangan. Tidak lupa, selfie!




Hari keempat
, puas menikmati kehidupan di atas darat. Kami memilih menyelam ditempat yang paling ingin kami kunjungi. Raja Ampat. Mengelilingi dan menikmati keindahan batu-batu raksasa, kemudian menyelam di air birunya. Atau mungkin bisa sekalian menemukan Nemo? hehe.



Hari kelima Sulawesi, hanya satu yang teringat dikepala kami. Pulau Cinta. Dengan umur kepala 2 ini, mungkin sudah bisa mencari referensi tempat bulanmadu bersama kekasih kami nanti. Ya, doakan saja.



Hari keenam Indonesia memang oksigennya dunia. Sebelum semua hutan di Tanah Air ini musnah, maka dari itu kami menginginkan untuk menikmati Hutan asri di Kalimantan. Piknik dan berkeliling menikmati oksigen bersih dan menyegarkan. Jauh dari hingar-bingar seperti di Ibukota Indonesia. Andai saja ia seperti Hutan kalimantan ini.


Hari ketujuh hari terakhir dari Liburan Impian ini, Pulau Sumatera. Pulau yang terkenal dengan Kulinernya! Mencari Durian di Medan, makan Nasi Kapau di Padang, kemudian membeli Mpek-mpek di Palembang. Mungkinkah sehari berpindah destinasi sebanyak 3 kali? Ahh, liburan Impian.



Mungkin kalian mempertanyakan, “Mengapa tidak pergi saja ke Taman Mini? Bahkan bisa berkeliling Indonesia hanya dalam waktu satu hari?”
Apalah arti Liburan jika tidak merasakan suasana berbeda dari tempat dimana kita menetap. Rasanya, kami ingin membuang bau kertas, pensil dan penggaris jauh-jauh. Jauh dari studio tempat kami mempelajari Tanah Air ni. Mudah saja, kami hanya mencari Segarnya Indonesia untuk menyegarkan kembali pikiran ini, Seperti Aroma Rosemary yang sangat menginspirasi kami untuk bersemangat disetiap aktivitas. Aromanya yang menyegarkan udara, membuat kami seperti segar setiap saat dimanapun dan disituasi bagaimanapun. Apalagi jika liburan selama seminggu ini benar-benar terjadi, pasti kami membawanya setiap saat agar kami semakin bersemangat menikmati setiap momen yang terjadi. Karena wewangian sangat berhubungan dengan mengumpulkan ingatan. Sehingga ketika kami kembali lagi dengan tugas-tugas yang membuat penat itu kemudian mencium Aroma Rosemary, ingatan kami dengan mudah mengembalikan momen-momen menyegarkan saat berlibur. Mengerjakan tugaspun serasa berlibur!



Menyenangkan sekali rasanya jika liburan itu benar-benar terjadi. Bahkan saat saya menuliskannya saja terasa sangat menyenangkan. Berkeliling di negara sendiri bersama teman dengan gratis? Siapa yang tidak mendambakannya. Terlebih lagi tempat yang dikunjungi mempunyai atmosfir yang membuat kita nyaman juga bersemangat. Liburan yang bersemangat pasti membuat kita berkeringat dan mengeluarkan bau tidak sedap. Jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan tubuh dengan mandi, dan memberi wewangian favoritmu pada tubuh agar membuatmu tetap segar dan semakin bersemangat. Karena kemanapun kita pergi, aroma yang memberi jejak pada setiap tempat yang kita kunjungi. So stay goodsmells and go visit Indonesia! (Mudah-mudahan Liburan impian ini bisa terwujud suatu saat nanti. Amin!)