Great and Glorius Vacation di G-Land yang Ever Green

11 shares
by Ririe Khayan (RIBUT) / 15 May 2016

Lokasi liburan yang eksotik dan hasilnya sepadan (atau bahkan muliti out come) adalah wisata alam yang dominan dengan alam: pantai, laut, pegunungan dan hutan (flora dan fauna). Untuk saat ini, liburan impian tersebut terwakili oleh G-land atau pantai Plengkung yang berlokasi di Banyuwangi. Hasrat untuk bisa mengajak anak-anak berlibur ke Pantai Plengkung sudah sekian lama menghiasai  daftar target obyek wisata impian saya. 

Heran ya, kenapa kok ke Pantai Plengkung yang ada di ujung timur Pulau Jawa yang "terpencil" itu? 

Popularitas Pantai Plengkung telah mendunia sejak lama karena memiliki ombak yang sangat tinggi dan besar, termasuk dalam The big 7 Waves di dunia sekaligus merupakan spot untuk surfing terbaik di kawasan Asia Tenggara. Pantai ini berlokasi di timur Teluk Grajagan, berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini lebih dikenal oleh turis manca negara, bisa dibilang masih belum sepopuler Raja Ampat, Pantai Kuta atau pantai-pantai di Lombok.   

Berlibur ke Pantai Plengkung, bisa menyaksikan bagaimana deburan ombak-ombak besar yang setia bergulung-gulung menjadi pemandangan yang sempurna sebagai hasil pengaruh arus Antartika yang terbawa oleh Samudera Hindia yang bertemu dengan teluk yang tepat.  Konon ketinggian ombaknya bisa mencapai 4-8 meter dengan panjang 2 km, serta memiliki formasi gelombang tujuh bersusun. Pemandangan Ombak yang amazing ini hanya bisa disaksikan pada bulan April sampai dengan Oktober dengan puncaknya terjadi pada bulan Agustus setiap tahunnya.

Ombak di pantai plengkung memiliki 3 tingkatan yaitu Kong Waves (tinggi ombak 6-8 meter), Speedis Waves yang tinggi obaknya 5-6 meter, dan Many Track Waves yang memiliki tinggi ombak 3-4 meter. Untuk para peselancar pemula,  Ombak many track ini yang cocok untuk mengasah skil berselancar. Artinya, memang banyak turis asing yang berselancar di G-Land, bisa jadi peluang emas untuk mengasah dan sekaligus praktek skill berbahasa Inggris kan dong.

Kalau daya tariknya pada ombak yang besar dan tinggi seperti itu, berarti hanya cocok buat  yang hobi surfing dong?

Jangan under estimate dulu, meskipun tidak bisa surfing atau tidak hobi  berselancar pun, Pantai Plengkung ini tetap merupakan pantai yang magic dan recommended untuk di kunjungi. Bisa melihat dengan mata dan kepala sendiri, bagaimana para peselancar  meliuk-liuk mengikuti tarian ombak di tengah laut adalah pemndangan yang luar biasa. Tak hanya melihat dari tepian pantai, tapi secara lebih dekat dengan menyewa perahu jongkong (bisa diisi maksimal 4 orang) akan membawa kita ke tengah laut sehingga bsia mengabadikan aksi para surfer yang spektakuler.

Masih penasaran kenapa saya memimpikan liburan ke Great Land ini ya? Apa saja yang bisa diexplore di G-Land tersebut? 

Secara visual, penampakan Pantai Plengkung bila dilihat dari satelit  memang berbentuk melengkung serupa huruf G yang terbalik. Tak hanya karena GREAT Wave dan penampakannya yang menyerupai huruf G sehingga Pantai Plengkung akrab dinamai G-Land. 

Ada beberapa fakta lain bagaimana Pesona keindahan Pantai Plengkung yang kemudian melahirkan sebutan G-Land ini. Penggunaan “G” juga merefer pada keistimewaan yang dimiliki Pantai Plengkung yang menawarkan SURGA Impian untuk liburan, baik liburan untuk anak-anak sekolah (mahasiswa), mbolang bersama teman, genk, maupun untuk liburan spekatukuler bersama keluarga.   

Zona/wilayah di sekitar Pantai Plengkung dikelilingi hamparan hutan pantai tropis dan hutan dataran rendah yang sangat asri, bila diambil foto secara jarak jauh, akan nampak berwarna kehijauan.   Yups, Pantai Plengkung memang berada dikawasan Taman Nasional Alas Purwo yang fenomenal “GREEN” forest.

Singkatnya, sebutan G-Land untuk Pantai Plengkung ini adalah representasi lokasi Pantai yang memiliki Ombak mentakjubkan (GREAT), kedekatannya dengan Pantai Grajagan, bentuknya yang menyerupai huruf G dan panorama alam sekitarnya yang serba hijau atau GREEN. 

Overall, dengan memeilih liburan ke Pantai Plengkung ini kita bisa sekaligus menikmati fatasi liburan alam yang penuh petualangan. Pengunjung juga bisa menikmati panorama alam Pantai Plengkung yang memukau dari berbagai sudut. Melalui menara pandang yang berada tidak jauh dari bibir pantai, memungkinkan untuk melihat landscape keindahan Plengkung dari ketinggian. Juga pesona gelombang yang fantastis ukurannya  pada saat terjadi pasang. Makanya, disarankan untuk memilih waktu yang terbaik adalah seminggu setelah masa bulan purnama atau bulan baru (sabit) karena pada kurun waktu tersebut gelombang besar dan tinggi bisa terjadi selama setengah hari.

Aktifitas wisata laiannya yang menyenangkan bila liburan ke Pantai Plengkung adalah jungle tracking menyusuri hutan tropis Alas Purwo yang berada di sekeliling pantai, bisa dengan bersepeda atau berjalan kaki yang menyuguhkan daya tarik adanya segala habitat yang hidup bebas didalamnya. Sedangkan untuk di Pantai Plengkungnya sendiri, selain menikmati pesona pair putih yang berpadu mesra dengan biru air laut dengan aksi heroik para peselancar yang meliuk-liuk, gulungan ombak yang tiada henti, kita bisa snorkling, diving, mancing, caving, juga bisa tuh melihat penangkaran penyu. 

Secara  keseluruhan, mulai pagi merekah hingga pemandangan sunset yang mempesona dan suasana malam di pantai yang menenangkan., kemudian rute searah ke Pantai Plengkung ini, sederet pantai dengan pemandangan yang memikat siap dieksplorasi, antara lain: Pantai Pancur, Pulau Merah, Pantai SUkamade, Teluk (Pantai) Grajagan, Pantai Batu Lawanngan. 

Galau dengan moda transportasi ke Pantai Plengkung? 

Untuk mencapai Pantai Plengkung, bisa dilakukan via jalur darat maupun Udara. Sudah ada Bandara Blimbingsari yang eligible. Sedangkan di lokasi Pantai Plengkung sendiri, sudah tersedia fasilitas penginapan dengan fasilitas yang lengkap. 

Epilog: Bagi saya, bisa mewujudkan liburan di Pantai Plengkung yang menawarkan surga petualangan ini merupakan dream vacation come perfect dengan Body Scent Vitalis aroma Breeze. Dengan Body Scent Vitalis aroma Breeze, saya yakin akan menguatkan chemistry liburan impian di G-Land yang GREEN, GREAT and GLORIUS.