Diambang Batas Indonesia

3 shares
by Dita Soehardi / 15 May 2016


Semua tahu Indonesia itu sangat indah, ada banyak pantai yang menawarkan berjuta pesona, ada banyak pegunungan dengan sejuta tantangan, belum lagi lembah-lembah subur yang indah, savanna yang memukau, sejarah peradapan yang sayang untuk di lewatkan dan masih banyak lagi keindahan Indonesia yang perlu untuk dijelajahi.


Susah menentukan lokasi liburan impian di Indonesia, karena saya ingin menjelajahi seluruh Indonesia. Akan tetapi ada lokasi impian saya yang tahun ini harus kesana yaitu 4 titik nol wilayah Indonesia. dari barat di Sabang Aceh, selatan ada di Pulau Rote, utara di Pulau Miangas dan Timur di Merauke Papua. Dari 4 titik nol kilometer ini 2 sudah saya kunjungi yaitu titik nol di barat dan selatan Indonesia. menyisakan titik nol utara Indonesia dan titik nol di timur Indonesia.


Titik paling barat di Aceh


Diujung barat, Titik nol kilometer  Indonesia terletak di kota Sabang, Aceh. Ada monument titik nol di hutan wisata di pulau Weh, yang dibangun sebagai penanda. Saya awal tahun kemarin sudah berkesempatan mengunjungi  titik nol paling barat indonesia. serta explore wisata sejarah di Banda Aceh dan keindahan pulau Weh.  


Monumen titik nol ini adalah sebuah bangunan menara berbentuk silinder dengan ketinggian sekitar 22,5 meter. Dibagian ujungnya terdapat lambang burung garuda. Dari sini anda bisa melihat pemandangan laut lepas yang indah. Selain itu juga terdapat tulisan nol kilometer favorit semua orang untuk berfoto.  Sedikit info anda bisa menemukan banyak sekali monyet disini.


Titik Paling selatan
Titik paling selatan indonesia ada di pulau Rote di Nusa Tenggara Timur. Letaknya dekat dengan Kupang. Dari kupang anda harus naik kapal ferry sekitar 2 jam menuju Pulau Rote. Beda dengan titik nol di barat dan timur yang cukup popular dikalangan wisatawan, titik paling selatan dan utara masih belum banyak diexplore.


Untuk menuju titik nol di selatan Indonesia ini ditempuh cukup panjang dengan jalan yang cukup terjal dari pusat kota pulau Rote, titik nol Indonesia bagian selatan ada di Desa Dodaek, Kecamatan Rote Selatan. Tidak seperti di titik nol di barat yang sudah bermonumen tinggi dan cukup bagus, di titik nol selatan ini hanya  terdapat satu monument kecil dan jejak kaki Kapolres. Yang cerita sejarahnya adalah jejak kaki itu ditinggalkan saat kunjungan Kalpolres di desa ini, sebagai bentuk penghormatan oleh warga desa. Wilayah paling selatan pulau terluar Negara Republik Indonesia  ini, walau monumennya nampak sederhana akan tetapi menyimpan berjuta pesona keindahan, sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan yang indah dan pemandangan diseitar lokasi tidak kalah indahnya. Karena langsung berhadapan dengan lautan lepas dengan desiran ombak yang menantang.


Dua titik nol yang belum saya kunjungi adalah titik di utara yaitu di pulau Miangas dan titik nol di timur Merauke. Akses yang sulit dan mahalnya transportasi menuju kesana selalu menjadi kendala. Tapi tetap dua tempat itu menjadi lokasi impian traveling indonesia.


Kenapa saya harus liburan kesana


Sejak kita kecil lagu dari Sabang sampai Merauke selalu terngiang-ngiang dikepala. Saya tumbuh dewasa dengan lagu itu, saat traveling sudah menjadi sebuah hobi dan kebutuhan, tentu saja mengunjungi titik paling nol kilometer indonesia yang terletak dipulau paling luar Indonesia menjadi keharusan. Walau saya agak merasa kurang dengan lagu dari Sabang sampai Merauke, karena jajaran pulau indonesia juga membentang dari utara sampai selatan.


Semua alam di Indonesia itu indah, akan tetapi berdiri dititik nol kilometer Indonesia di barat, selatan, utara dan timur menjadi kebanggan sendiri. Serta ada banyak kisah, cerita, adat, budaya, kebiasaan masyarakat dan tentu saja pemadangan yang indah yang bisa kita nikmati disana.


Hati saya selalu bergetar setiap saya berada di titik nol kilometer, jantung saya berdesir lebih kencang menerima kenyataan bahwa saya ada ditapal batas Indonesia, yang kebanyakan dengan pemandangan lepas pantai yang indah. Jadi titik nol kilometer menjadi destinasi wisata yang ingin saya kunjungi


Wewangian favorit


Saya selalu suka wangi bunga yang lembut, wangi-wangian natural dari alam, jadi tetap wangi tanpa kewangian alias terlihat aneh dengan lingkungan sekitar. Wangi bunga yang lembut juga meningkatkan percaya diri dan menenangkan banget. Makanya tidak heran kalau Blossom Vitalis selalu jadi favorit saya, karena kombinasi aroma floral powdery serta musky dari Blossom selalu menciptakan keharuman lembut yang special.