My Exotic Vocation Wisata Budaya Ala Dieng Culture Festival

9 shares
by Mude' MudRikah Cybershine / 15 May 2016

Hampir seminggu ini ada hal yang sangat mengganggu pikiran saya dan membuat galau hati saya antara ya atau tidak, yups ini adalah antara pilihan berangkat atau tidak ke dieng untuk merasakan Dieng Culture Festival yang hanya diselenggarakan setahun sekali. Ehh sebelumnya udah pada tahu belum apa itu Dieng Culture Festival? Barangkali ada yang belum tahu saya kasih tahu dulu ya apa sih Dieng Culture Festival itu, jadi DCF ini adalah Festival yang diadakan di dataran tinggi dieng wonosobo jawa tengah. Festival ini diadakan disetiap pertengahan tahun, untuk tahun 2016 ini akan diadakan tanggal 5-7 agustus 2016. Di festival ini kita tidak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan dieng yang menakjubkan tapi kita juga akan disuguhi festival kebudayaan yang pastinya akan sayang sekali untuk dilewatkan.

Saya sudah menghubungi beberapa travel agent untuk tahu info bagaimana cara join event ini, karna dari info yang saya baca tiket untuk festival inii terbatas, jadi harus cepet-cepetan. Nah apa dong yang buat saya galau, jadi galaunya itu hampir semua travel agent yang saya hubungi harus melakukan pembayaran diawal, minimal sekitar 20-30% dari tarif yang ditentukan, ok bisa diatasi, tapi kemudian saya kepikiran pas hari H apa saya gak ada acara mendadak ya, juga cuti kerja saya sudah menipis dan uang yang sudah masuk kan otomatis hangus kalau saya gak jadi ikut.

Ok diluar semua kegalauan saya, dan saya coba positif thingking, ini dia nih beberapa alasan kenapa saya mupeng banget pengen ikuta DCF ini.

1. Wisata Alam Dieng

Dieng memang terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan, kawah sikidang, telaga warna puncak sikunir bukit pangonan adalah beberapa tempat yang harus dikunjungi apabila mampir ke dieng.. 

2.. Wisata Musim Dingin Ala Dieng

Acara ini memilih pertengahan tahun sebagai hari pagelarannya, dan  di dataran dieng ini pada bulan juli - agustus pas banget sama musim kemarau, dan kabarnya bisa mencapai minus 2 derajat. Waah gak kebayang deh sedingin apa, saya biasa panas-panasn di jakarta jadi akan jadi pengalaman baru saat merasakan suasana dingin bak musim dingin di luar negeri.

3. Pagelaran Music Jazz diatas Awan

Ini dia yang bikin saya penasaran yaitu panggung music jazz di dataran dieng, setau saya kan dieng ini lereng gunung dan perbukitan, kok bisa dibikin ada pagelaran music jazznya. Kalo di cafe atau di panggung-panggung mall kan udah biasa banget yah, kalau diatas bukit diantara awan-awan anti mainstream banget pastinya.

sumber : www.sociotravel.com

4. Lampion Momment

Kamu pernah lihat film Tangled gak ?  itu lhoh Walt Disney yang bercerita tentang rapunzel yang hilang diculik oleh si mother gothel dan setiap hari ulang tahunnya keluarga kerajaan selalu menerbangkan ribuan lampion ke langit. Meskipun ini cuma film animasi tapi aku suka banget sama ribuan lampion yang menerangi langit dikegelapan malam. Nah di DCF ini lampion-lampion yang terbang diudara bukan hanya sekedar animasi tapi benar-benar nyata kita yanag akan menerbangkannya bersama-sama dengan pengunjung lain. Sungguh menarik bukan, ah bukan hanya menarik but its so Romantic.

sumber : www.sociotravel.com

5. Ritual Cukur Rambut Gimbal

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya selain wisata alam DCF ini menawarkan wisata budaya yang menjadi ciri khas dieng. Jadi ritual Cukur rambut gimbal ini diperuntukan pada anak-anak yang mempunyai rambut gimbal harus mencukur rambutnya dalam sebuah ritual adat. Si anak yang di cukur rambutnya ini boleh meminta hadiah karena sudah mau dikur rambutnya.

Nah kalian penasaran gak sama ritual cukur rambut gimbal ini, kalau aku sih penasaran banget makanya pengen banget pergi kesana.

sumber: www.sociotravel.com

6. Mie Ongklok

Yang terakhir nih jalan-jalan belung lengkap tanpa mencoba makanan khas daerah wisatanya. Di dieng ini kita bisa mencoba Mie Ongklok, mie-nya disajikan dengan te sate. 


 sumber: www.kabarjempol.com

Inilah beberapa hal yang membuat saya ingin sekali datang ke acara  Dieng Culture Festival.

Satu hal yang tidak boleh terlupakan adalah membawa parfum atau wewangian yang bisa membuat harimu lebih ceria di tempat wisata, meskipun digunung harus tetap wangi dong ya.

Dan aroma yang membuat aku selalu fresh adalah Vitalis Body Scent Bizzare Fullest Life, aromanya menyegarkan membuat semangat dalam menjalani setiap aktivitas.

Ehh lupa tadi kan lagi galau mau berangkat atau enggak, tapi berkat mencium aroma Bizzare say gak galau lagi. Lets see.. yeaay.

sumber : Sumber :

www.keduselatan.com

www.kabarjempol.com

www.sociotravel.com