Serba-Serbi Seputar Alergi Parfum yang Harus Kamu Ketahui

Menggunakan parfum merupakan salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menarik perhatian orang lain. Kamu yang gemar menggunakan parfum akan merasa semakin nyaman saat beraktivitas. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah parfum berkualitas, agar aroma tubuhmu lebih enak dan kamu terbebas dari resiko alergi parfum.

Faktanya, penggunaan parfum yang kurang baik mutunya memang bisa menyebabkan alergi. Jika kamu ingin tahu lebih banyak seputar alergi parfum, mari simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Alergi Parfum?

Alergi dapat terjadi ketika ada benda-benda asing yang masuk ke tubuh ditolak oleh sistem imun tubuh. Bagi sebagian orang, ada beberapa kandungan bahan dalam parfum yang beresiko memicu alergi. Reaksi alerginya pun berbeda-beda, mulai dari ringan hingga berat. Sesaat setelah digunakan, reaksi alergi akan timbul sebagai bentuk pertahanan tubuh terhadap zat asing.

 

Hal-Hal yang Menyebabkan Alergi Parfum

Ternyata alergi parfum tidak berasal dari aromanya, melainkan dari kandungan kimia yang terdapat dalam parfum. Beberapa jenis bahan seperti alkohol, kayu manis, eugenol, aseton, benzil asetat, dan etanol rupanya berpotensi memicu alergi parfum pada tubuh. Parfum hasil oplosan biasanya juga beresiko menimbulkan alergi, karena jenis parfum oplosan tersebut kerap menggunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi kulit.

 

Mengenal Gejala Alergi Parfum

Setiap orang memiliki reaksi tubuh yang berbeda-beda ketika mengalami alergi parfum. Namun sebagian besar orang biasanya akan mengalami beberapa hal ini:

  • Rasa gatal dan sensasi terbakar pada permukaan kulit
  • Ruam-ruam
  • Permukaan kulit mengelupas
  • Rasa mual
  • Pusing atau sakit kepala
  • Sulit bernapas
  • Batuk
  • Muncul lendir berlebihan pada sistem pernapasan

Gejala alergi parfum tersebut harus lekas ditangani secara serius agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih parah.

 

Langkah Awal Mengobati Alergi Parfum

Mengobati alergi parfum sebenarnya tidak sulit. Kamu tinggal membersihkan bagian kulit yang terkena parfum dengan air mengalir. Basuhlah kulitmu hingga tidak ada sisa parfum yang tertinggal. Kemudian duduklah di tempat yang terbuka agar bisa menghirup udara segar. Gunakan minyak kayu putih, minyak angin, atau balsem untuk mengalihkan fokus indra penciuman dari aroma parfum. Biasanya langkah-langkah tersebut akan membuat gejala alergi parfum lekas berkurang.

Kalau gejala alergi parfum tidak kunjung mereda setelah beberapa saat, sebaiknya kamu langsung berkonsultasi dengan dokter, sehingga dokter bisa lekas memberikan solusi bagi alergi parfum tersebut.

 

Agar terhindar dari alergi parfum, kamu wajib cermat memilih produk parfum berkualitas, ya. Jangan hanya mementingkan aromanya saja. Kandungan parfum pun harus diperhatikan sehingga kamu tidak mengalami alergi saat menggunakannya.