10 Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak

Banyak orang mendambakan predikat morning people. Bangun pagi, menyeduh kopi, menikmati sarapan dan tak perlu tergesa-gesa untuk pergi menjalani aktivitas. Akan tetapi, realisasinya kadang tak mudah. Tombol snooze di alarm lebih menggoda untuk ditekan sehingga jam tidur diperpanjang. Akar dari masalah ini biasanya jam tidur yang tak teratur. Tidur bagaikan siklus. Jika terlambat memejamkan mata, Anda juga terlambat membuka mata dan tak sempat menikmati matahari pagi. Oleh karena itu, tidur tepat waktu menjadi penting. Sekalipun kantuk belum datang, Anda harus memaksakan mata agar terpejam. Bagaimana caranya? Berikut sepuluh cara agar tidur lebih nyenyak.
  1. Tujuan Menetapkan target atau tujuan tergolong vital. Anda harus memiliki alasan kuat untuk bangun pagi. Dengan demikian, Anda juga memiliki motivasi kuat untuk tidur tepat waktu dan berani menolak godaan tombol snooze.
  1. Motivasi Ambil contoh program hidup sehat. Ini bisa jadi dorongan bagi Anda untuk tidur lebih cepat demi istirahat yang cukup.
  1. Perencanaan Anda bisa melakukannya secara bertahap. Misalnya, Anda tidur lima belas menit lebih cepat pada hari ini, tiga puluh menit lebih cepat besok, 45 menit lebih cepat lusa, dan seterusnya.
  1. Kamar tidur Latar dan suasana kamar tidur tentu memengaruhi. Anda harus menciptakan kenyamanan baik dari sisi pencahayaan, suhu, dan kebisingan.
  1. Stimulus Bila sulit untuk memejamkan mata, Anda bisa mencari kegiatan yang berfungsi sebagai stimulus. Sebut saja relaksasi menarik napas, membaca buku, dan lain-lain.
  1. Alat elektronik Matikan televisi, smartphone, dan tablet milikmu. Cahaya dari benda-benda elektronik bisa memberikan gangguan untuk tidurmu.
  1. Tolak camilan Ini berlaku terutama untuk sore atau malam hari. Jangan konsumsi junk food atau kopi berkafein sehingga menyulitkanmu untuk memejamkan mata pada malam hari.
  1. Siklus akhir pekan Sabtu dan Minggu bisa mengganggu jam tidurmu pada Senin hingga Jumat. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, tidur bagaikan siklus. Jika begadang pada akhir pekan, kamu juga akan terbawa siklus pada hari kerja.
  1. Tidur siang Batasi jam tidur siangmu. Sebab, tidur siang lebih dari tiga puluh menit bisa mengganggu jam tidurmu pada malam hari.
  1. Evaluasi Coba tinjau kembali pola tidurmu pada satu bulan terakhir. Jika masih berantakan, mungkin ada satu dari sembilan tips di atas yang terabaikan.
(image : www.foxnews.com)