Manfaat Penting Tidur yang Mungkin Tak Disadari

Tidur adalah salah satu kegiatan di mana tubuh kita akan bekerja multi-tasking yang tidak kita sadari. Tidur adalah saat dimana tubuh kita memperbaiki sel tubuh yang rusak, membuat sel-sel baru, menyeimbangkan hormon, membuang zat-zat yang tidak berguna, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi, tidur juga membantu beberapa aspek dalam kesehatan mental, fungsi otak, dan penyakit jangka panjang. Mungkin kamu sudah mendengar hal-hal tersebut, tetapi baru-baru ini peneliti telah menemukan keuntungan-keuntungan tidur yang mungkin akan membuat kita akan mulai tidur teratur dan cukup.
  1. Tidur membantu otak untuk mengingat Tidur akan membuat ingatan jangka pendek, menjadi ingatan jangka panjang. Bila kamu ingin mengingat sesuatu atau sedang belajar menghadapi ujian, maka janganlah belajar semalaman, tetapi belajar cukup dan tidur yang cukup. Maka semua yang kamu pelajari akan lebih mudah diingat keesokan harinya daripada belajar semalaman.
  1. Tidur membantu membersihkan otak Pada saat kamu tidur, otak akan membuang semua zat-zat yang tidak berguna pada hari itu. Zat-zat apa? Bayangkan saja otak kamu bekerja pada siang hari dan pada saat otak bekerja pasti akan membuat limbah-limbah yang akan dibuang pada saat kamu tidur.
  1. Tidur akan menurunkan resiko mengidap depresi Ada sebuah penelitian yang mempelajari pola tidur dua anak kembar. Pada penelitian ini dapat dipelajari bahwa waktu tidur yang kurang akan meningkatkan tingkat depresi orang tersebut.
  1. Tidur dapat membantu kita dalam menghadapi ujian Bagi pelajar, memiliki waktu tidur yang cukup sebelum menjalani ujian ternyata akan menghasilkan 10% nilai yang lebih tinggi daripada pelajar yang mempunyai waktu tidur yang kurang. Waktu tidur yang cukup akan membuat kita mengingat sebuah informasi yang penting dan meningkatkan daya atensi dalam bekerja.
  1. Tidur dapat meningkatkan performa tubuh Pada studi yang dilakukan pada beberapa atlit, performa seorang atlit yang tidur cukup selama 8,5 jam membuat atlit dapat berlari lebih lama dan mempunyai akurasi yang lebih akurat.
  1. Tidur yang cukup menghindari kenaikan berat badan Beberapa studi telah dilakukan untuk mengetahui hubungan antara tidur dan berat badan. Kebanyakan studi tersebut menemukan hubungan antara pola tidur yang tidak teratur dan meningkatnya berat badan yang mengatakan bahwa tidur berperan dalam mengendalikan metabolisme dan hormon yang berhubungan dengan berat badan.
(image source: raineese.deviantart.com)