9 Cara Bina Hubungan dengan Rekan Kerja

Etika yang baik di kantor membantu membangun fondasi suasana kerja yang sehat. Berikut adalah 9 tips untuk memaksimalkan interaksi dengan rekan kerja.
  1. Bertegur Sapa Balas setiap senyum maupun sapaan yang disampaikan oleh rekan kerja, atau sebaliknya. Hal ini akan meningkatkan kerjasama tim ke arah yang lebih baik. Hargai juga rekan kerja Anda dengan rutinitas yang tidak mengganggu.
  2. Gunakan komunikasi yang efektif Pelajari bagaimana mereka berkomunikasi, apakah menggunakan email, telepon, pesan instan, atau mungkin bertatapan secara langsung dan coba gunakan preferensi ini saat berhubungan dengan rekan kerja. Beberapa orang lebih memilih email karena mereka ingin memiliki laporan tertulis dari tindakan atau tanggapan terhadap pertanyaan, dan lainnya mungkin menghargai telepon karena lebih cepat.
  3. Hargai waktu yang dimiliki orang lain Jangan mengganggu orang lain dengan terus menerus mendatangi mereka, atau tunggu mereka selesai menelepon kecuali ada sesuatu yang sangat penting. Mereka akan merasa tertekan dan akan terfokus pada Anda. Jangan pula memberikan pekerjaan di lorong, dapur, kamari mandi, atau di luar kantor. Garis antara pekerjaan dan kehidupan personal harus dihargai.
  4. Bantu diri Sendiri Jika Anda membutuhkan bantuan dari orang lain, atau punya pertanyaan, lihat dulu apakah instruksinya sebenarnya ada. Jangan langsung bertanya kepada orang lain, karena meski Anda tidak dapat menyelesaikannya, setidaknya orang menghargai Anda karena telah berusaha.
  5. Hati-hati dengan Media Sosial Jika Anda berhubungan dengan rekan kerja di media sosial, jangan sampai memiliki hubungan yang tidak pantas, dan jangan tunjukkan sisi tidak profesional dari diri Anda. Hati-hati dengan apa yang Anda posting karena dapat merusak reputasi Anda. Salah satu hal terbaik adalah memisahkan LinkedIn untuk berinteraksi dengan rekan kerja, dan Facebook untuk urusan lain.
  6. Jangan bergosip atau berpolitik Perlakukan semua orang dengan sama. Politik kantor bisa mematikan dan terkadang tidak dapat dihindari, tapi Anda dapt mengurangi keterlibatan Anda sendiri. Tidak usah banyak bergosip karena dapat merugikan Anda di kemudian hari.
  7.  Jangan mengeluh tentang pekerjaan di tempat kerja Mengeluh tidak masalah, selama Anda melakukannya dengan pasangan, saudara, teman-teman di luar pekerjaan, yang penting jangan dengan rekan kerja. Jika Anda harus protes, Anda dapat lakukan dencan cara sehalus mungkin.
  8. Terbukalah Bersikaplah terbuka terhadap setiap orang lain, baik itu atasan, bawahan atau orang-orang yang sekitar membantu karena akan dapat memberi Anda saran-saran mengenai pekerjaan yang sedang Anda jalani.
  9.  Jaga kedekatan dengan orang lain Jika Anda telah menyelesaikan sebuah project, sangat wajar jika Anda mengirim email mengenai pekerjaan tersebut kepada orang-orang yang telah membantu atau bekerjasama dengan Anda, untuk sekedar menanyakan bagaimana projectnya? Karena hal seperti ini menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pekerjaan secara keseluruhan, bukan hanya dalam hal-hal tertentu saja.