10 Cara Efektif Mengusir Kebosanan di Kantor

Pernahkah Anda merasa begitu bosan di kantor sampai Anda merasa tidak ingin melakukan apapun selain segera pulang, tidur, atau beraktivitas di luar kantor? Kami memiliki 10 cara untuk mengusir kebosanan saat berada di kantor.
  1. Pilihlah moda transportasi yang nyaman untuk ke kantor
Kebosanan tidak selalu muncul di tengah-tengah waktu kerja, tapi dimulai dari semangat yang hilang saat Anda berangkat kerja, atau di perjalanan ke kantor dan lain-lain. Anda dapat memulai dengan memilah-milah moda transportasi terbaik yang ada dari opsi-opsi yang tersedia. Atau Anda bisa melakukan hal-hal yang dapat mengurangi rasa bosan di jalan. Jika gagal juga, mungkin Anda juga dapat meminta kepada bos Anda untuk bekerja di rumah untuk memotong waktu yang terbuang di jalan dan mendapatkan waktu lebih berkualitas untuk bekerja.
  1. Buatlah ruang Anda lebih produktif
Suasana sekitar Anda dapat memberikan perbedaan bagi mood Anda. Atur pencahayaan, kursi, meja sedemikian rupa. Tambahkan tanaman dan dekorasi lainnya untuk membuat lingkungan kerja Anda lebih nyaman.
  1. Lawan rasa lelah dan kembali kerja
Mungkin Anda merasa lelah dan tidak memiliki cukup energi. Mulailah dengan istirahat yang cukup, makan dengan benar dan berolahraga untuk memperlancar aliran darah dan menjaga semangat Anda untuk bekerja.
  1. Buat waktu rapat lebih berharga
Banyak waktu yang terbuang saat sedang rapat, padahal Anda dapat melakukan hal lain. Hal yang dapat Anda lakukan adalah berusaha membahas hal-hal paling penting yang dapat menjadi agenda untuk membuat rapat lebih dinamis. Bahkan pergi keluar gedung kantor untuk melakukan rapat berjalan bisa efektif juga agar lebih cepat dan tidak membuang waktu.
  1. Lampaui target pekerjaan Anda dan dapatkan nilai lebih
Jika pekerjaan Anda mudah dan membosankan, Anda dapat berinisiatif untuk melakukan hal yang lebih dari yang diminta. Hal tersebut akan menarik perhatian bos Anda dan mendapatkan penilaian yang lebih baik.
  1. Beri diri Anda tanggung jawab baru.
Jika melakukan hal yang lebih dari yang diminta masih kurang bagi Anda, Anda dapat meminta tanggung jawab baru yang lebih dari yang sebelumnya. Anda dapat melakukan sesuatu yang lebih menarik bagi Anda daripada melakukan pekerjaan biasa.
  1. Pelajari kemampuan baru saat bekerja
Jika Anda mendapatkan tanggung jawab baru dalam bekerja, Anda dapat mempelajari banyak hal baru dari itu. Jika pekerjaan Anda tetap itu-itu saja, Anda dapat mengisi waktu luang untuk mempelajari hal-hal baru yang dapat meningkatkan kemampuan bekerja Anda. Atau di waktu luang saat tidak ada pekerjaan, Anda bisa melakukan pekerjaan pribadi jika memang diizinkan oleh kantor.
  1. Gunakan waktu luang untuk browsing
Beberapa penelitian mengatakan bahwa browsing saat sedang tidak ada pekerjaan, atau di sela-sela pekerjaan dapat meningkatkan produktivitas. Hal tersebut dapat membuat Anda lebih rileks sambil mendapatkan ilmu baru. Manfaatkan waktu luang dengan bijak.
  1. Nikmati kebosanan Anda untuk memicu kreativitas
Saat kerja begitu membosankan dan pikiran Anda mengawang-ngawang, di sana Anda dapat berpikir kreatif dan membiarkan pikiran Anda menjelajah fantasi untuk menciptakan ide-ide kreatif. Bagaimanapun, kebosanan, gangguan, serta menunda-nunda adalah bagian dari hidup. Nikmati saja, asal jangan berlebihan.
  1. Keluar dari pekerjaan
Jika semua hal tidak dapat Anda lakukan, dan kebosanan tetap datang karena mungkin pekerjaan yang Anda jalani memang tidak sejalan dengan jiwa Anda. Minta saran ke teman-teman sekitar Anda. Bahkan Anda dapat meminta saran kepada bos untuk karir yang memenuhi minat dan bakan Anda untuk menghindari kebosanan yang Anda jalani. Dengan demikian, Anda keluar kerja dan tetap berhubungan baik.