Atasi Bibir Kering Saat Puasa

Bibir terlihat kering dan bahkan pecah-pecah saat sedang berpuasa, hal itu di sebabkan karena tubuhmu kekurangan cairan. Hampir 14 jam tubuh tidak mendapatkan asupan cairan, sehingga menyebabkan dehidrasi. Untuk menghindari tubuh mengalami dehidrasi, cobalah untuk memenuhi asupan cairan dalam sehari dengan minum minimal delapan gelas sehari. Selain memenuhi asupan cairan, kamu juga bisa melakukan beberapa tips alami untuk mengatasi bibir kering saat puasa:
  • Mengelupas Kulit Bibir yang Mati
Untuk mendapatkan bibir kamu kembali lembut seperti semula, kamu bisa mengelupas kulit bibir yang mati dengan cara membasahi bibir dengan air hangat dan sikat dengan menggunakan sikat gigi yang lembut. Lakukan perlahan ya agar bibir kamu tidak terluka.
  • Gunakan Lip Balm
Menggunakan lip balm atau pelembab bibir bisa menjadi solusi untuk mengatasi bibir yang kering, gunakan lip balm dengan kandungan minyak alami dan memiliki SPF yang bisa melindungi bibir dari paparan sinar ultraviolet yang merupakan salah satu pemicu bibir kering.
  • Kurangi Makanan Pedas dan Asin
Kurangi makanan pedas dan asin saat sedang sahur atau berbuka karena dapat menyebabkan bibir dan mulut menjadi kering, selain itu makanan pedas dan asin bisa membuat perut terasa lapar lebih cepat.
  • Jangan Menjilat Bibir
Secara tidak sadar, kita pasti sering menjilat bibir. Kebiasaan itu akan berdampak pada bibir sehingga menjadi kering karena air liur yang menempel pada permukaan bibir. Untuk itu, kurangi kebiasaan menjilat bibir agar bibir kamu terhindar dari kekeringan.
  • Gunakan Madu
Madu memang terkenal memiliki banyak khasiat, dan madu juga bisa membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Kamu bisa mengonsumsi madu ini secara langsung atau mengoleskannya pada permukaan bibir yang kering, tetapi masalahnya saat berpuasa kamu tidak bisa mengoleskan madu pada bibir. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengoleskan madu pada bibir saat menjelang tidur, dan saat sahur kamu bisa meminum 2-3 sendok makan madu. Selain cara diatas, mengonsumsi sayuran dan buah secara rutin juga bisa membantu kamu mendapatkan bibir yang lembut karena kandungan vitamin dan mineral yang ada didalam sayuran dan buah. Masukkan selalu sayuran dan buah dalam menu berbuka dan sahur, agar kamu bisa merasakan manfaat vitamin dan mineral yang ada didalamnya.