5 Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan Wajahmu

Rutin mengonsumsi pisang memberikan banyak dampak positif untuk kesehatan kamu. Dan tidak hanya itu, sebaiknya kulit pisang jangan kamu buang setelah habis. Siapa sangka kalau di dalam kulit pisang itu mengandung berbagai antioksidan, vitamin, nutrisi, dan phytochemicals yang mampu membantu merawat, melembabkan, dan merevitalisasi kulit yang kering. Selain itu, ada 5 kegunaan dari kulit pisang untuk kecantikan kulit wajah kamu, apa saja? Yuk kita simak.
  1. Merawat Jerawat
Tidak perlu repot-repot, yang kamu butuhkan cuma kulit pisang dan potong-potong menjadi ukuran yang sesuai dan gosok dengan halus bagian dalam kulit pisang ke jerawat dan rasakan manfaatnya. Vitamin C yang terkandung dalam pisang merupakan sumber antioksidan dan mengurangi tekanan akibat oksidasi yang membuat kulit gatal dan meradang. Lakukan proses ini 3-4 kali sehari.
  1. Mencerahkan Bintik Hitam
Selain antioksidan yang tinggi, kulit pisang juga mengandung potasium yang mampu menghilangkan bekas luka dan bintik-bintik hitam. Kupas kulit pisang dan bagi menjadi beberapa bagian panjang. Gosokkan dengan halus bagian dalam kulit pisang dalam gerakan berputar lalu lap wajah kamu dengan kain hangat. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  
  1. Scrub Alami Untuk Kulit
Buat scrub berbahan dasar kulit pisang dengan cara menghancurkan satu buah pisang dengan sendok dan tambahkan dua sendok makan gula pasir serta beberapa tetes minyak esensial dan campurkan. Ramuan ini dapat membersihkan kulit kamu tanpa membuatnya kering. Oleskan pada kulit, dan pijat-pijat ke kulit wajah, tangan, dan kaki lalu bilas dengan air.  
  1. Mengatur Minyak Wajah
Kalau kulit kamu berminyak, maskara dengan bahan dasar pisang merupakan pilihan yang tepat untuk mengatur sekresi minyak dan membuat kulit kamu bersih. Maskara pisang ini dapat dibuat dengan mencampurkannya dengan madu dan perasan lemon. Dengan maskara ini, kamu dapat pelembab yang baik dan dapat menghilangkan sebum yang berlebihan dari permukaan kulit kamu. Selain itu, ramuan ini juga mengandung berbagai vitamin-vitamin penting untuk memberikan kamu kulit yang bersih dan bersinar.  
  1. Menghilangkan Sembab pada Mata
Serat berwarna putih yang terkandung di bagian dalam kulit pisang dapat mengurangi sembab pada mata. Kandungan Potasium dalam pisang juga dapat membuang garam berlebih yang memicu penimbunan cairan. Untuk membuat campuran ini, campurkan serat putih pisang dengan gel lidah buaya segar untuk mendapatkan krim halus dan oleskan di sekitar mata. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air. Sekarang kamu tidak perlu bingung untuk mengonsumsi pisang, lengkap dengan memanfaatkan kulitnya. Bukan hanya mengenyangkan, tapi nutrisi dalam pisang dapat dimanfaakan, luar dan dalam. Selamat mencoba!