7 Cara Alami Lembutkan Telapak Tangan

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang paling banyak berinteraksi melalui sentuhan. Kadang kita tidak mengetahui tingkat kebersihan dan dampak dari apa yang kita sentuh sehingga membuat tangan kita jadi kotor dan kasar. Ada tiga cara untuk ‘menyembuhkan’ tangan kamu menjadi halus dan lembut kembali.
  1. Lembut Kembali dalam Satu Menit
Persiapkan 1 sendok makan minyak zaitun (berfungsi untuk melembabkan dan menghidrasi sel kulit), dan gula (berfungsi untuk mengganti dan membuang sel kulit mati). Caranya mudah, tabur gula di satu telapak tangan, dan tuangkan minyak zaitun lalu gosok-gosok ke telapak tangan dan bagian tangan lainnya. Pijat-pijat dengan lembut dan remas dalam gerakan melingkar selama 30 detik. Lemaskan telapak tangan dan diamkan campuran tadi selama 30 detik dan bilas dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk.
  1. Perawatan dalam Semalam: Vaseline dan Kaos Kaki
Setelah selesai beraktivitas seharian, cuci tangan kamu dengan sabun, gosok tangan kamu dengan Vaseline untuk melembabkan dan melembutkan tangan dan pijat-pijat selama 30 detik. Masukkan kedua tangan kamu ke dalam kaos kaki dan tinggalkan selama semalam, rasakan manfaatnya di pagi hari, tangan kamu akan terasa sangat lembut.
  1. Cerahkan dan Lembutkan Tangan Kamu dengan Jeruk
Untuk tangan yang gelap, kotor, dan menua, gunakan jeruk untuk mencerahkan sambil melembutkan telapak tangan. Bahan yang kamu butuhkan sangat mudah, dua sendok teh perasan lemon yang mengandung asam sitrat yang dapat mencerahkan bintik hitam pada kulit, dua sendok teh madu sebagai sumber antioksidan untuk mempelambat penuaan, serta dua sendok teh soda kue untuk membuang sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru. Gunakan campuran ini dengan mencuci tangan kamu terlebih dahulu dengan sabun dan air hangat lalu oles campuran ke tangan kamu dan pijat-pijat selama satu menit, diamkan selama 5-10 menit. Bilas tangan kamu di air hangat dan lakukan dua kali seminggu untuk menghilangkan kotoran pada kulit dan membuat kulit tangan kamu lembut kembali. Beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar tangan kamu terhindar dari kasar dan kotor akibat bersentuhan dengan berbagai hal:
  • Pakai tabir surya
  • Jangan mencuci tangan di air yang terlalu panas maupun terlalu dingin karena dapat merusak kulit
  • Gunakan sarung tangan saat menggunakan cairan yang mengandung bahan kimia yang dapat merusak kulit
  • Gunakan sarung tangan olahraga saat berada di gym untuk menghindari tangan kamu menjadi keras dan kapalan
  • Gunakan krim pada tangan di malam hari agar tangan menjadi lembut dan bersih
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang tepat untuk kesehatan kulit
  • Cukup minum untuk menghindari kulit tangan menjadi kering, kasar, dan belang-belang, jangan sampai kulit kamu dehidrasi
Pijat-pijat tanganmu dengan lembut untuk memperlancar sirkulasi darah.