Cara Membina Hubungan Serius

Dalam hubungan dengan pria, banyak hal baik positif maupun negatif yang dijalani. Hubungan yang lama belum tentu berakhir baik dan yang baru sebentar bisa jadi berujung pada perkawinan yang abadi. Meski demikian, jangan sampai tuntutan berhubungan dengan pria menjadi halangan untuk menjadi wanita yang sukses baik secara akademis, karir, maupun kehidupan pribadi. Ada 7 tips yang bisa kamu lakukan agar dapat membina hubungan yang serius dan berarti.
  1. Jangan biarkan stereotype gender mengekang kebebasan kamu. Dalam hubungan yang baik, peran masing-masing menjadi fleksibel dan bisa bertukar posisi. Jangan sampai kamu kehilangan identitas dalam hubungan karena berada di bayang-bayang pria yang membuat kamu Cuma menjadi pelayan yang memenuhi kebutuhan pria. Ciptakan ruang untuk kamu tetap hidup dengan orang-orang sekitar sambil berusaha mencapai tujuan dan menjalankan apa yang kamu sukai.
  2. Sebagai wanita, salah satu aset terbesar kamu adalah intuisi, dan ikuti intuisi itu. Jika ada hal buruk yang terjadi, bersikaplah tegas agar hubungan tetap berjalan dengan baik. Berkomunikasilah dengan tegas.
  3. Jelaskan mengenai batasan-batasan yang dimiliki dalam hubungan, jangan sampai kamu dikekang satu sama lain. Kalau kamu menginginkan waktu dengan teman-teman, keluarga. Jika pasangan tidak bisa menghargai batasan-batasan, harapan, dan tujuan yang telah ditetapkan, maka kamu bisa membuat keputusan.
  4. Dalam hubungan yang sehat, masing-masing bisa membuat keputusan dan menjalankan peran berbeda-beda, tidak selalu berdasarkan pada ‘kelaziman’ bahwa wanita tidak boleh ini dan harus ini, sementara pria tidak boleh itu dan harus itu.
  5. Jadilah diri sendiri dan jujur bahwa dalam hubungan, tidak selalu berjalan dengan bahagia, kadang baik, kadang buruk, dengan menjadi diri sendiri dan jujur. pasangan kamu mengetahui bahwa kamu menghargai perasaan dan tidak perlu selalu senang dan sempurna untuk menjalin hubungan.
  6. Beritahu pasangan mengenai ekspektasi yang tidak bisa kamu kompromikan dari dia, seperti loyalitas dan kepercayaan. Dengan demikian, jika dia mau memenuhi itu, berarti dia menghargai kamu dan hal-hal yang kamu harapkan.
Miliki hubungan yang baik dengan dirimu sendiri sebelum menjalani hubungan dengan dia. Dengan demikian kamu sudah bisa menyayangi diri sendiri dan siap untuk menyayangi dan menjalani hubungan yang bermakna dengan orang lain.