Kecantikan

Benarkah Mandi Teratur Dapat Menangkal Wabah Covid-19? Ini Dia Faktanya!

Date Posted Article Icon 12 May 2020

Pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona mulai muncul di akhir tahun 2019 di Wuhan, Cina. Proses penularannya berlangsung cepat dan seringkali terjadi tanpa gejala. Selain menggunakan hand sanitizer, rajin mencuci tangan, dan menggunakan masker, ada satu cara menyenangkan dan menyeluruh yang bisa kamu lakukan untuk menangkal infeksi dan penyebaran Covid-19, yaitu mandi.

Ya betul, mandi. Faktanya, mandi teratur dapat membersihkan virus, bakteri, dan mikroorganisme penyebab penyakit lainnya yang menempel di permukaan tubuh. Lantas, bagaimana cara mandi yang benar agar terhindar dari virus dan bakteri penyebab penyakit?

Mandi dengan Air Dingin

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan oleh PLoS One pada tahun 2018, mandi air dingin terbukti efektif membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Bahkan, air dingin juga membuat proses penyembuhan penyakit menjadi jauh lebih cepat daripada air panas. Hasil riset tersebut juga didukung oleh World Health Organization (WHO) yang menyatakan bahwa mandi air hangat tidak dapat menangkal penyebaran Covid-19. Jadi, sebaiknya kamu selalu mandi dengan air dingin agar sistem kekebalan tubuhmu meningkat dan tahan terhadap serangan Covid-19.

Membersihkan Bagian Tubuh Paling Kotor Terlebih Dahulu

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, sebaiknya dahulukan untuk membersihkan bagian tubuh yang paling kotor terlebih dahulu, yaitu tangan yang paling sering bersentuhan langsung dengan benda-benda kotor sehingga membuat virus ini rentan masuk ke tubuh. Sering cuci tangan akan mengurangi kemungkinan kita tertular Covid-19. Selain cuci tangan, saat mandi dahulukan untuk bersihkan tangan sebelum beralih ke bagian tubuh lainnya seperti wajah, punggung, dada, dan kaki. Urutan membersihkan bagian tubuh yang benar akan membuat tubuhmu benar-benar higienis setelah mandi.

Meningkatkan Intensitas Mandi Jika Sering Beraktivitas di Luar Ruangan

Sebaiknya kamu lebih sering mandi jika kamu kerap beraktivitas di luar ruangan, misalnya mandi tiga kali atau lebih dalam sehari. Beraktivitas di luar ruangan dan tempat-tempat umum membuatmu rentan terpapar mikroorganisme penyebab penyakit, termasuk Covid-19. Mandi lebih sering dari biasanya sangat tepat untuk meminimalkan risiko terjangkit Covid-19. Virus dan mikroorganisme lainnya yang menempel di permukaan tidak akan masuk ke tubuhmu kalau kamu lebih sering mandi.

Menggunakan Sabun Anti Bakteri saat Mandi

Penggunaan sabun antibakteri saat mandi sangat penting untuk membersihkan tubuhmu secara total. Kandungan antibakterinya cukup untuk membersihkan dan melindungi tubuhmu dari risiko paparan bakteri dan virus.

Kamu bisa menggunakan sabun mandi Vitalis Antibakteri untuk membersihkan tubuh sampai tuntas termasuk membersihkan virus dan bakteri yang menempel di permukaan tubuh. Varian White Glow mengandung Licorice dan varian Fresh Dazzle mengandung Green Tea.

Beberapa jurnal ilmiah menunjukkan bahwa Licorice dan Green Tea memiliki efek antibakteri dan antiviral. Penggunaannya dalam sabun mandi akan memberikan efek perlindungan yang optimal. Licorice mengandung banyak metabolit sekunder yaitu terdiri dari 20 triterpenoid dan 300 flavonoid dimana secara keseluruhan metabolit tersebut memiliki efek sebagai antivirus, anti mikroba, anti inflamasi (1). Kandungan polyphenol seperti katekin yang terdapat pada teh hijau juga memiliki efek sebagai antivirus dan anti bakteri (2).

Selain itu, kandungan bahan alami dalam sabun mandi Vitalis seperti Susu dan Skin Moisturizer di varian White Glow juga membantu kulitmu menjadi lebih cerah dan lembut. Sensasi keharuman parfumnya akan membuatmu menikmati pengalaman #MandiParfum yang menyenangkan. Kini, kamu tahu kan kalau menangkal Covid-19 ternyata tidak sulit asalkan kamu melakukannya secara telaten. Sabun mandi Vitalis siap jadi produk andalan yang membuatmu kulitmu terjaga dan wangi sepanjang hari.

 

Tags :
Previous Post
Next Post