Kecantikan

Kenal Lebih Dekat dengan Manfaat Neem Leaf dan Gotu Kola untuk Kulit

Date Posted Article Icon 25 August 2020

Penggunaan bahan-bahan alami untuk merawat kulit memang selalu unggul, karena khasiatnya yang istimewa dan minim efek samping. Tidak mengherankan bila saat ini tren produk perawatan kulit kembali mengacu pada bahan-bahan alami sebagai komposisi utama. Dua bahan alami yang sedang populer karena khasiatnya untuk kesehatan kulit adalah daun Neem dan Gotu Kola (Pegagan).

Apakah kamu sudah familiar dengan kedua bahan tersebut, ladies?

Ulasan berikut ini akan menambah wawasanmu tentang daun Neem dan Gotu Kola (Pegagan) sehingga kamu tidak ragu menggunakannya untuk menjaga kulitmu tetap sehat.

Daun Neem: Tanaman Liar dengan Segudang Manfaat

Daun Neem sebenarnya merupakan tumbuhan yang tidak asing di tanah air. Tanaman dengan nama latin Azadirachta indica ini lebih dikenal dengan nama daun Nimba atau daun Intaran. Selain tumbuh liar di Indonesia, daun Neem juga banyak ditemukan di India, Pakistan, dan beberapa negara Asia lainnya. Daun Neem merupakan jenis tanaman herbal yang sudah lama dimanfaatkan untuk kesehatan. Bagian buah dan bijinya biasanya diolah menjadi Neem oil. Sedangkan bagian daunnya ditumbuk dan dikeringkan sebagai bahan dasar ramuan kecantikan tradisional.

Berdasarkan hasil penelitian yang dimuat di Journal of Chemical and Pharmaceutical Research, daun Neem terbukti mengandung zat anti bakteri alami dan zat anti-inflamasi yang disebut Nimbidin (1). Kedua senyawa tersebut berperan penting mencegah kontaminasi bakteri yang rentan menempel di kulit. Penggunaan daun Neem terbukti efektif mencegah penyakit akibat bakteri, virus, dan jenis parasit lainnya. Bahkan, risiko penyakit kulit seperti Psoriasis dan Eczema juga bisa diminimalkan melalui penggunaan produk perawatan kulit berbahan dasar daun Neem.

Daun Neem juga mengandung berbagai jenis antioksidan yang berkhasiat menjaga tubuh dari pengaruh radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel kulit. Beberapa jenis antioksidan yang terdapat dalam tumbuhan kaya manfaat ini antara lain Quercetin, Catechin, Karoten, dan Asam Askorbat. Tidak hanya berperan aktif dalam menangkal radikal bebas, antioksidan dalam daun Neem juga dapat memberikan efek relaksasi bagi kulit.

Gotu Kola: Tanaman Herbal yang Mulai Populer Sebagai Bahan Skincare

Selain daun Neem, ada pula Gotu Kola yang tidak kalah populer dan berkhasiat untuk kulit. Di Indonesia, Gotu Kola lebih dikenal dengan sebutan Pegagan. Dalam dunia pengobatan tradisional Asia, Gotu Kola sudah lama digunakan sebagai bahan alami untuk menyembuhkan luka dan membasmi bakteri penyebab penyakit. Penelitian modern mulai mengungkap fakta bahwa tanaman bernama latin Centella asiatica ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

Gotu Kola mengandung triterpenoid yang ampuh meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga dapat mempercepat regenerasi sel-sel kulit (2). Selain itu, Gotu Kola juga mengandung senyawa Asiaticoside dan Madecassoside yang tidak hanya mendukung produksi kolagen tetapi juga efektif menyamarkan bekas luka pada kulit.

Penggunaan produk perawatan kulit berbahan Gotu Kola tidak hanya membuat kulit sehat secara alami dan terhindar dari bakteri penyebab penyakit. Gotu Kola juga mampu menstimulasi produksi kolagen sehingga dapat membuatmu terpelihara dari munculnya gejala penuaan dini. Jumlah kolagen yang cukup pada kulit akan membuat kulitmu senantiasa elastis dan tak mudah keriput. Selain itu, Gotu Kola juga mengandung vitamin A, B1, B2, dan C yang dapat membuat kulit senantiasa terhidrasi dan tampak cerah secara alami.

Perpaduan daun Neem dan Gotu Kola dalam produk perawatan kulit akan memberikan manfaat maksimal yang membuat kulitmu senantiasa sehat dan cerah secara alami. Sekarang, mari berburu produk perawatan dengan dua bahan dasar tersebut agar kulit cantikmu selalu sehat, awet muda, dan bikin kamu percaya diri. Salah satu produk yang mengandung daun Neem dan Gotu Kola adalah sabun mandi Vitalis 3in1 Antibacterial Care+Protect yang memberikan manfaat melindungi kulit dari bakteri dan kuman. Selain itu juga diperkaya Skin Moisturizer yang melembabkan kulit dan Parfum khas Vitalis yang segar sehingga memberikan sensasi mandi yang menyenangkan. Yuk coba mandi dengan sabun mandi Vitalis 3in1 Antibacterial Care+Protect yang sudah tersedia di toko-toko terkemuka.

Referensi:

hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-daun-pegagan-herbal/

journal.sociolla.com/beauty/daun-Neem

journal.sociolla.com/beauty/manfaat-centella-asiatica/

merdeka.com/gaya/12-khasiat-Neem-untuk-kecantikan-kulit-dan-rambut.html

 

Tags :
Previous Post
Next Post