Kecantikan

Mandi Air Hangat atau Air Dingin? Begini Caranya agar Nyaman!

Date Posted Article Icon 12 May 2020

Mandi tidak hanya bertujuan untuk membersihkan diri saja lho, ladies. Ternyata banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan bila mandi secara teratur. Tahukah kamu kalau mandi air hangat memberikan manfaat yang berbeda dengan mandi air dingin?

Ulasan berikut ini akan menambah wawasanmu tentang manfaat mandi air hangat dan mandi air dingin bagi kesehatan.

Manfaat Mandi Air Hangat

Membantu Menyembuhkan Sakit Kepala

Uap air panas merupakan dekongestan alami yang dapat menghilangkan sumbatan-sumbatan pembuluh darah di kepala. Itulah sebabnya mandi air hangat efektif menyembuhkan sakit kepala, terutama saat kamu sedang flu. Jika sistem peredaran darah menjadi lancar usai mandi air hangat, rasa sakit pada kepala akan berkurang. Hasilnya, kamu pun jadi lebih rileks dan tidak mengalami gangguan tidur (insomnia).

Menjaga Kesehatan Saraf

Air hangat dapat membantu menenangkan saraf sehingga berkhasiat meredakan rasa sakit dan nyeri otot. Manfaat mandi air hangat juga baik untuk kesehatan saraf tulang belakang. Rasa nyeri punggung akibat terlalu lama duduk akan berangsur-angsur hilang bila kamu sering mandi dengan air hangat.

Mendukung Proses Detoksifikasi Tubuh

Mandi air hangat rupanya juga bermanfaat untuk mendukung proses detoksifikasi tubuh. Temperatur air yang hangat membantu meningkatkan kinerja sistem getah bening sehingga racun-racun keluar melalui pori-pori kulit sewaktu kamu berkeringat. Proses detoksifikasi alami ini akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu jadi lebih bugar dan bersemangat.

Manfaat Mandi Air Dingin

Meringankan Gejala Stres

Stres akibat rutinitas sehari-hari yang padat dapat dihilangkan dengan mandi air dingin. Saat kamu merasa stres, luangkan waktu untuk mandi air dingin dan rasakan manfaat segarnya. Temperatur air dingin akan membuat otot-otot tubuhmu jadi rileks. Siraman air dingin juga memaksimalkan penyerapan antioksidan sehingga metabolisme tubuhmu senantiasa lancar.

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Mandi dengan air yang terlalu panas bisa menghilangkan kelembapan alami kulit dan rambut. Di sisi lain, air dingin juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan kutikula rambut saat tubuh bereaksi dengan perubahan temperatur. Jika kamu mandi dengan air dingin, kulit dan rambut akan senantiasa lembab sehingga kamu terhindar dari risiko penuaan dini.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi kesehatan yang dilakukan tahun 2009 menyatakan bahwa temperatur dingin yang ekstrem dapat membantu membakar lemak pada tubuh hingga 15 kali lipat. Itulah sebabnya kamu disarankan mandi air dingin saat menjalani program penurunan berat badan. Guyuran air dingin membuat tubuh berupaya melakukan adaptasi dan membakar kalori lebih banyak agar temperatur tubuh tetap seimbang.

Jadi, manakah yang paling kamu sukai, mandi air hangat atau mandi air dingin?

Rutinitas mandi jadi semakin menyenangkan jika kamu menggunakan sabun mandi Vitalisyang tersedia dalam tiga varian, yaitu:

  • White Glow: mengandung ekstrak Licorice dan Susu yang membantu mencerahkan kulit (Skin brightening). Sabun mandi Vitalis White Glow diperkaya parfum kombinasi keharuman bergamot, cherry dan raspberry yang lembut dan manis.
  • Soft Beauty: mengandung ekstrak Avocado dan Vitamin E untuk kulit ternutrisi dan lembab (Skin nourishing). Sabun mandi Vitalis Soft Beauty dilengkapi parfum kombinasi keharuman aldehydic, fruity, dan
  • Fresh Dazzle: mengandung ekstrak jeruk Yuzu dan Green Tea yang berkhasiat menyegarkan kulit (Skin refreshing). Varian sabun mandi Vitalis Fresh Dazzle memiliki wangi parfum kombinasi pear, cassis, dan bergamot.

Yuk rasakan pengalaman #MandiParfum yang sebenarnya dengan sabun mandi Vitalis.

Tags :
Previous Post
Next Post