Lifestyle

5 Bahan Lokal Alami yang Sering Digunakan dalam Skincare

Date Posted Article Icon 25 June 2021
Lifestyle

5 Bahan Lokal Alami yang Sering Digunakan dalam Skincare

Date Posted Article Icon 25 June 2021

Manfaat bahan lokal alami asli Indonesia memang tak kalah dibandingkan bahan impor. Kini, semakin banyak produk skincare mengandalkan bahan lokal yang kaya manfaat sebagai komposisi utama. Kamu jadi lebih leluasa memilih skincare dengan kearifan lokal yang manfaatnya tak kalah dengan skincare impor merek ternama.

Selain mengandung banyak manfaat, bahan lokal alami juga minim efek samping sehingga baik untuk kesehatan kulit dalam jangka panjang. Beberapa bahan lokal yang kini populer sebagai bahan dasar skincare yaitu:

Daun Kelor

Dahulu, daun kelor (Moringa) hanya dikenal sebagai bahan alami untuk membantu melepaskan susuk. Namun kini, khasiat daun kelor untuk kesehatan kulit sudah mulai dipahami banyak orang. Daun kelor mengandung vitamin A yang efektif mendukung proses regenerasi sel-sel kulit. Sifat antimikroba yang terkandung dalam daun kelor membuatnya dapat membantu mengurangi risiko peradangan akibat jerawat. Bila kerusakan kulit akibat jerawat dan mikroorganisme berhasil dicegah, kulitmu pasti jadi lebih sehat dan lembap secara alami.

Pegagan

Pegagan (Centella asiatica) sekarang memiliki popularitas yang tak kalah dibandingkan bahan skincare lainnya. Tanaman yang biasa tumbuh liar di area persawahan atau kebun ini memiliki segudang manfaat untuk kulit, yaitu mengurangi keriput dan stretch mark, melembapkan kulit, secara alami serta bersifat anti inflamasi sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Pegagan juga mengandung zat bernama asiaticoside yang menstimulasi produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit. Penggunaan skincare pegagan secara teratur akan membuat kulitmu selalu sehat dan awet muda.

Lidah Buaya

Manfaat tanaman yang satu ini memang tak perlu diragukan lagi. Lidah buaya (Aloe vera) mengandung berbagai jenis antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Penelitian yang dirilis di National Institutes of of Health mengungkapkan bahwa lidah buaya mengandung zat kaya manfaat berupa mucopolysaccharides yang mampu mengikat kelembapan alami pada kulit. Khasiat mucopolysaccharides juga dapat merangsang pembentukan sel-sel fibroblast yang berperan penting dalam proses produksi kolagen. Di samping itu, lidah buaya juga mengandung asam amino dan zinc yang dapat melembapkan, mengencangkan pori-pori, dan mempertahankan elastisitas alami kulit.

Minyak Tengkawang

Bukan hanya minyak zaitun yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Indonesia juga memiliki produk kebanggaan sarat manfaat yaitu minyak tengkawang (illipe nut). Produk yang dikembangkan masyarakat suku Dayak ini mengandung asam steatrat (stearic acid) dan asam oleat (oleic acid) yang dapat memperbaiki elastisitas kulit, melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B matahari, melembutkan, dan mencegah penuaan dini. Beragam manfaat tersebut membuat minyak tengkawang semakin sering digunakan untuk bahan dasar masker wajah, tabir surya (sunscreen), lotion, dan kosmetik.

Minyak Jarak

Satu bahan lokal alami lagi yang kaya manfaat bagi kulit adalah minyak jarak (castor oil). Minyak yang berasal dari biji tanaman jarak ini bersifat anti inflamasi dan anti mikroba sehingga dapat mencegah peradangan dan efektif mempercepat penyembuhan luka. Kandungan asam risinoleat pada bahan alami ini berfungsi melembapkan serta mempertahankan kadar air pada kulit. Karena teksturnya agak lengket di permukaan kulit, penggunaan minyak jarak untuk skincare biasanya dicampur dengan minyak lain.

Tampil cantik bukan hanya soal kulit sehat dan penampilan fashionable saja lho, ladies. Wangi tubuh juga ikut mempengaruhi persepsi orang lain terhadap kamu. Sekarang, bukan cuma skincare saja yang mengandung bahan alami. Ada pula parfum yang terbuat dari bahan alami berupa natural essential oil, yaitu Vitalis Eau de Naturel. Kandungan parfum tersebut terbuat dari natural ingredient yang diolah menjadi natural essential oil dengan proses crafting secara teliti. Ada dua varian Vitalis Eau de Naturel yang bisa kamu pilih, yaitu Egyptian Jasmine & Turkish Rose dan Peach Blossom & Lily of The Valley. Aroma Vitalis Eau de Naturel yang istimewa akan membuatmu tampil cantik dan siap menunjukkan performa terbaik saat beraktivitas.

Tags :
Previous Post
Next Post
Get free exclusive benefit