Lifestyle

7 Tips Merintis Bisnis di Masa Pandemi Bagi Womenpreneur

Date Posted Article Icon 25 August 2020

Pandemi Covid-19 yang terjadi di berbagai belahan dunia memang menimbulkan banyak kerugian. Tidak sedikit karyawan yang terpaksa dirumahkan sementara, atau mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat ketidakstabilan ekonomi yang mengguncang perusahaan. Apakah kamu termasuk orang yang sedang mengalaminya, ladies?

Jangan putus asa bila kamu mengalaminya. Kamu harus jeli memanfaatkan peluang untuk merintis bisnis di masa pandemi. Jadilah womenpreneur profesional yang merintis bisnis dengan memperhatikan tujuh tips penting berikut ini:

Senantiasa Menjaga Kepercayaan Diri

Percaya diri adalah modal awal untuk merintis bisnis di masa pandemi. Kamu tidak perlu khawatir dengan omongan orang lain selama kamu menjalankan bisnis yang halal. Untuk menjaga rasa percaya diri, pastikan kalau penampilanmu selalu menarik dan prima ya. Mandi dengan sabun mandi Vitalis bisa membuatmu merasa rileks dan lebih percaya diri, karena sabun mandi Vitalis tidak hanya melindungimu dari bakteri dan kuman tetapi juga memberikan sensasi keharuman yang segar. Ada tiga varian sabun mandi Vitalis yang bisa kamu pilih, yaitu White Glow (Skin Brightening), Soft Beauty (Skin Nourishing), dan Fresh Dazzle (Skin Refreshing). Tubuh yang harum, segar, dan bersih setelah mandi pasti membuatmu percaya diri berinteraksi dengan orang lain.

Fokus pada Minat dan Bakat

Sebaiknya kamu memilih bisnis yang sesuai dengan minat dan bakatmu agar tidak merasa terbebani saat menjalankannya. Banyak bisnis yang bisa kamu pilih sesuai minat, misalnya catering, toko online, atau jasa menulis artikel. Minat yang besar akan membuat kamu tergugah untuk berinovasi sehingga bisnismu bisa berkembang pesat dalam waktu singkat.

Mempelajari Tren dan Kebutuhan Pasar

Salah satu kunci kesuksesan merintis bisnis di masa pandemi adalah kemampuan mempelajari tren dan kebutuhan pasar. Contohnya, bisnis frozen food kini semakin dibutuhkan karena banyak orang yang merasa tidak aman untuk membeli makanan dari luar rumah. Kamu harus peka mempelajari tren dan kebutuhan pasar agar bisa menyediakan produk atau jasa yang dibutuhkan calon pelanggan.

Mengandalkan Sistem Online

Tak dapat dipungkiri sistem online berperan penting dalam mendukung bisnis di masa pandemi. Jika kamu akan merintis bisnis kuliner, jangan lupa menjalin kerja sama dengan perusahaan ojek online agar produkmu bisa dipesan online dan diantarkan oleh driver ojek online. Selain itu, kamu juga patut menyiapkan akun media sosial khusus bisnis agar dapat menjangkau target pasar secara lebih luas.

Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial

Media sosial adalah sarana pemasaran paling efektif yang bisa kamu gunakan secara praktis. Apapun jenis bisnismu, jangan lupa menggunakan media sosial untuk mempopulerkannya. Pilihlah hashtag yang tepat supaya bisnismu mudah ditemukan oleh para netizen yang membutuhkannya. Siapkanlah konten visual dan audio visual berkualitas agar lebih mudah menarik perhatian netizen, ya.

Berusaha Memperluas Jalinan Relasi

Sebagai seorang womenpreneur, kamu juga harus berupaya memperluas jalinan relasi agar bisnismu cepat dikenal banyak orang. Usahakan untuk selalu menjalin hubungan baik dengan pelanggan, supplier, atau pihak-pihak lain yang berhubungan dengan bisnismu. Kesempatan bisnis yang lebih besar lagi bisa saja berasal dari hal-hal tak terduga.

Manajemen Waktu yang Efektif

Bisnis di masa pandemi tidak boleh membuatmu mengabaikan orang-orang terdekat, terutama jika kamu sudah punya pasangan dan buah hati. Jadi, kamu harus berupaya melakukan manajemen waktu secara efektif. Tidak ada salahnya jika sesekali kamu meminta saran dan kritik dari orang terdekat mengenai bisnismu. Siapa tahu orang-orang terdekatmu punya ide cemerlang yang bisa diimplementasikan untuk memajukan bisnismu.

 

Jika rencana bisnismu masih terhambat oleh kendala finansial, Vitalis siap membantumu mengatasi masalah tersebut. Melalui program #VitalisMerdeka, Vitalis telah menyiapkan hadiah senilai Rp 1.708.000 untuk 75 orang wanita Indonesia terpilih sehingga pandemi Covid-19 tidak menghalangi wanita modern Indonesia dalam meraih mimpinya.

Mau memenangkan hadiah dari Vitalis Merdeka?

Yuk, cek dulu info selengkapnya di:

https://www.pesonavitalis.com/reach-your-star/read/mekanisme-vitalis-merdeka

Semoga kamu beruntung dan bisa mewujudkan mimpi merintis bisnis di masa pandemi, ya!

Referensi:

komunitas.bukalapak.com/s/4itear/yuk_simak_6_tips_untuk_menjadi_womenpreneur_sukses

liputan6.com/bisnis/read/4268267/5-tips-memulai-bisnis-pasca-pandemi-covid-19

mebiso.com/5-larangan-dilakukan-saat-ingin-menjadi-womenpreneur-sukses/

Tags :
Previous Post
Next Post