Lifestyle

Kenapa Sih Aroma Parfum Bikin Kita Inget Sesuatu yang Spesial?

Date Posted Article Icon 22 April 2021

Pernahkah kamu mencium aroma parfum lalu mengingat seseorang, sesuatu, atau momen yang sangat berkesan bagimu, ladies?

Mencium aroma tertentu memang bisa membangkitkan kenangan dan menggugah keinginan untuk bernostalgia, ya. Kamu akan merasa berbunga-bunga, bahagia, atau bahkan sedih saat mencium aroma yang berkaitan dengan memori khusus.

Kira-kira kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Aroma Memang Berkaitan Erat dengan Memori di Otak

Peneliti bernama John McGann dari Departemen Psikologi Universitas Rutgers New Jersey, Amerika Serikat, menyatakan bahwa otak memiliki beberapa bagian yang kinerjanya berhubungan langsung dengan bau atau aroma. Aroma adalah satu-satunya sensasi yang langsung menstimulasi pusat emosi di otak. Ketika mencium aroma tertentu, syaraf-syaraf di hidung akan menangkap rangsang yang diteruskan ke amygdala. Amygdala adalah bagian otak yang berhubungan langsung dengan emosi dan memori. Respon terhadap aroma yang langsung diteruskan ke otak jelas berbeda dari rangsangan indra lainnya (yaitu rasa, bunyi, hasil penglihatan, dan sentuhan). Rangsangan dari indra lainnya tidak diteruskan ke amygdala, melainkan ke komponen otak lainnya yang bernama thalamus.

Rachel Herz, asisten Profesor Psikiatri dan Perilaku Manusia Universitas Brown Rhode Island, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa memori terhadap aroma tersebut membuat seseorang jadi lebih emosional karena indra penciuman. Misalnya, aroma yang familiar tetapi sudah lama terlupakan (misalnya aroma parfum favorit orang terdekat yang sudah meninggal) dapat membuat seseorang menangis. Dokter Fritz Sumantri Usman Sp.S., FINS. selaku ahli syaraf juga menjelaskan hal serupa. Menurut Dokter Fritz, otak ibarat komputer super canggih yang bekerja ekstra cepat. Kemampuan tersebut membuat otak mampu mendeteksi aroma tertentu kurang dari satu detik bila hidung dalam keadaan sehat. Ketika kamu mencium aroma yang tidak asing bagimu, otak akan langsung menghubungkannya dengan memori tentang tempat atau seseorang yang memiliki aroma serupa.

Memilih Aroma Istimewa Sebagai Ciri Khas Dirimu

Kemampuan hidung dalam mendeteksi aroma dan menghubungkannya dengan memori dapat dimanfaatkan untuk menciptakan ciri khas tentang seseorang. So, kamu bisa memilih parfum dengan wangi istimewa dan menggunakannya secara teratur agar wangi parfum tersebut identik dengan kehadiran dirimu. Ketika orang-orang di sekitarmu mencium wangi parfum tersebut, maka mereka akan langsung mengingatmu.

Tak hanya membuat dirimu punya ciri khas yang berbeda dengan orang lain, aroma parfum yang memesona juga akan membuatmu lebih percaya diri saat beraktivitas. Aroma tubuh yang segar bikin kamu bebas bad mood sepanjang hari meskipun sedang sibuk. Kamu bisa mendapatkan sensasi keharuman yang istimewa bila menggunakan Vitalis EDC Blossom setiap hari.

Vitalis EDC Blossom adalah salah satu aroma signature parfum Vitalis yang kini dirilis dengan formula dan kemasan baru. Wanginya lebih tahan lama dan dikemas dalam botol kaca yang terlihat lebih mewah dan elegan. Vitalis EDC Blossom diperkaya wangi bunga-bunga iris, plum, rose yang menyegarkan, dipadu aroma vanilla dan musky yang elegant.

Saat baru digunakan, Vitalis EDC Blossom menampilkan top notes berupa perpaduan aroma plum, peach, dan aldehyde. Setelah 15 menit kemudian, middle notes yang muncul adalah kombinasi wild ylang, iris, dan rose. Sementara itu, base notes yang selanjutnya muncul dan aromanya tahan lama adalah perpaduan vanilla, ambery, dan leather.

Kalau kamu ingin memberikan kesan memesona yang tak terlupakan bagi orang-orang di sekitarmu, jangan ragu menggunakan Vitalis EDC Blossom. Aroma istimewanya akan membuat kamu menjadi pribadi yang unik dan kehadiranmu pun akan selalu dinantikan.

Tags :
Previous Post
Next Post