Lifestyle

Yuk, Kenalan dengan Essential Oil dan Beragam Manfaat Istimewanya!

Date Posted Article Icon 25 June 2021
Lifestyle

Yuk, Kenalan dengan Essential Oil dan Beragam Manfaat Istimewanya!

Date Posted Article Icon 25 June 2021

Apakah kamu familiar dengan essential oil, ladies?

Beberapa tahun belakangan ini, essential oil menjadi bahan alami populer yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar beragam produk. Essential oil adalah minyak konsentrat dari tanaman yang memiliki banyak manfaat istimewa bagi kesehatan. Aroma essential oil dapat merangsang area sistem limbik, yaitu bagian otak yang berperan mempengaruhi emosi, perilaku, indra penciuman, dan mengontrol beberapa fungsi fisiologis bawah sadar, seperti pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah.

Sistem limbik juga berperan dalam pembentukan memori jangka panjang. Itulah sebabnya mengapa bau yang dikenal dapat memicu ingatan atau emosi tertentu. Tak mengherankan bila pemanfaatan essential oil kini semakin terkenal dan sangat disukai banyak orang. Selain memiliki aroma yang istimewa, essential oil juga dapat memberikan beberapa manfaat antara lain:

Mengurangi Hormon Stres

Banyak penelitian kesehatan yang mengungkap fakta tentang manfaat essential oil untuk mengurangi hormon stres. Setiap jenis essential oil memiliki khasiat istimewa yang berbeda satu sama lain dalam meringankan stres. Salah satu penelitian tersebut menunjukkan bahwa 300 responden yang menghirup aroma jahe, kapulaga, spearmint, dan peppermint tidak mengalami mual selama menjalani operasi. Penelitian serupa lainnya juga menunjukkan bahwa aroma minyak lavender efektif menurunkan hormon kortisol penyebab stres.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Belum banyak orang yang tahu kalau manfaat essential oil juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Khasiat essential oil yang satu ini sangat penting untuk menjaga kesehatanmu di masa pandemi supaya kamu tidak rentan terpapar Covid-19 dan penyakit menular lainnya, ladies. Essential oil dapat memperkuat sistem pernapasan dan menstimulasi produksi antibodi sehingga kamu tetap sehat. Beberapa jenis bahan essential oil yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh antara lain pohon teh, rosemary, helichrysum, lemon, dan kayu manis.

Membantu Mengatasi Sakit Kepala

Penelitian kesehatan yang dilakukan tahun 1990-an mengungkap bahwa essential oil peppermint dan etanol dapat digunakan untuk meringankan sakit kepala. Khasiat serupa juga ditemukan pada jenis essential oil lainnya yaitu lavender dan chamomile. Manfaat essential oil untuk mengatasi sakit kepala tentu lebih alami dan minim efek samping dibandingkan mengonsumsi obat-obatan.

Meminimalkan Risiko Peradangan

Ternyata essential oil juga terbukti bersifat anti-inflamasi sehingga dapat meminimalkan risiko peradangan. Studi kesehatan lainnya juga menyebut bahwa essential oil mengandung manfaat antimikroba dan antibiotik sehingga dapat digunakan untuk melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Jika tubuh terbebas dari mikroorganisme penyebab penyakit, kondisi radang akan berangsur-angsur sembuh dan kamu pun kembali bugar. 

Sekarang, manfaat essential oil juga bisa kamu dapatkan dalam bentuk parfum lho, ladies. Vitalis memperkenalkan varian parfum Eau de Naturel, yaitu parfum yang mengolah natural ingredient menjadi natural essential oil dengan proses crafting yang dilakukan secara teliti. Ada 2 varian Vitalis Eau de Naturel yang bisa kamu pilih sesuai selera, yaitu Egyptian Jasmine & Turkish Rose dan Peach Blossom & Lily of The Valley.

Vitalis Eau de Naturel Egyptian Jasmine & Turkish Rose diawali dengan wangi citrus yang fresh kombinasi Mandarin dan Bergamot dipadu dengan Egyptian Jasmine & Turkish Rose sebagai highlight dari parfum ini. Komposisi wangi floral tersebut disempurnakan dengan manisnya Patchoulli & Ouds yang tahan lama, membuatmu berenergi untuk meraih mimpi. Sementara itu, Vitalis Eau de Naturel Peach Blossom & Lily of The Valley diperkaya kombinasi sempurna dari citrus & nectarine, Japanese Peach Blossom dan kemurnian French Lily of the Valley, lalu disempurnakan dengan woody & musky. Manfaat essential oil dalam Vitalis Eau de Naturel akan membuatmu lebih berenergi dan siap menggapai mimpi.

Tags :
Previous Post
Next Post
Get free exclusive benefit